Brownies Aren Garut, Oleh-Oleh Unik Kota Garut

Aren Brownies Garoet (ABG) adalah brownies kukus lapis gula aren yang kini menjadi salah satu oleh-oleh unik dari kota Garut. Asep Jajal, sang pendiri Brownies ABG sejak awal bercita-cita ingin memberikan ciri khas yang berbeda dari Kota Garut.

Kisah Asep Jalal, Pemilik Brownies ABG

Meskipun dapat dianggap sebagai pelopor brownies kukus lapis gula aren pertama di Garut, Asep mengalami jatuh bangun dalam menjalani bisnisnya. Sebagai pengusaha pemula, Asep mesti menerima kenyataan bahwa tak seorangpun mampir ke toko untuk membeli brownies ABG miliknya. Sehingga, tak jarang ia kerap merugi tiap hari lantaran dagangannya tidak laku.

Namun, kondisi tersebut perlahan-lahan berbalik ketika Asep Jalal mendapatkan ajakan untuk bergabung dalam program Smartfren Community yang diselenggarakan oleh Smartfren. Dalam program Smartfren Community, Asep Jalal dan para pelaku UMKM lainnya mendapatkan pelatihan rutin, khususnya dalam hal memasarkan produk yang dihasilkan melalui online.

“Dengan pelatihan yang diberikan oleh Smartfren Community, saya lebih bebas lagi berpromosi brownies ABG melalui media sosial. Jadi tidak hanya menunggu pembeli datang ke toko, namun saya sekarang bisa menerima pesanan melalui Whatsapp atau Instagram,” tutur Asep Jalal.

Kemasan Brownies ABG

Kini penjualan brownies ABG semakin meningkat. Penjualan tentu berpengaruh terhadap penghasilan yang didapatkan oleh Asep Jalal. Dengan bisnisnya yang berkategori mikro, sekarang Asep Jalal meraup untung hingga kurang lebih Rp6.000.000 tiap bulan dengan omzet Rp20.000.000 tiap bulannya. Pemesanan tidak hanya dari kota Garut, namun dari luar kota, seperti dari wilayah Jawa Barat, Jabodetabek, Batam, hingga Lombok menjadi pemesanan terjauh.

Asep Jalal berharap, dengan meningkatnya omzet hingga mencapai lebih dari 100% tiap bulannya, bisnis brownies ABG miliknya dapat meningkat dari usaha mikro menjadi usaha kecil atau menengah dengan keuntungan yang lebih besar lagi.