Sinar Mas Siap Mendukung dan Menyukseskan Indonesia Sustainability Forum (ISF) 2024

Sinar Mas akan mendukung dan berpartisipasi dalam Indonesia Sustainability Forum (ISF) 2024 pada 5-6 September 2024. Gelaran ini diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) bersama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN).

Dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, akan ada sesi pleno, sesi tematik, dan meja bundar kepemimpinan. Kegiatan ini akan menjadi konferensi sustainability paling akbar di Indonesia bahkan global. ISF 2024 memiliki peran penting untuk mengemas isu-isu sustainability menjadi rumusan-rumusan dalam percepatan pertumbuhan ekonomi hijau dunia.

Acara ini akan mempertemukan pemangku kebijakan, pakar ahli, serta investor dari seluruh dunia untuk membangun kemitraan di bidang sustainability dalam rangka mempercepat pertumbuhan ekonomi hijau dunia.

ISF 2024 akan fokus pada 5 pilar pembahasan, yaitu ekonomi hijau (Green Economy), transisi energi (Energy Transition), konservasi alam dan keanekaragaman hayati (Biodiversiy and Nature Conservation), gaya hidup berkelanjutan (Sustainable Living), dan ekonomi kelautan (Blue Economy). ISF 2024 juga akan menjadi aksi nyata kolaborasi antara negara maju dan negara berkembang dalam mengatasi krisis iklim.

Ajang ISF juga sejalan dengan perwujudan visi Indonesia Emas 2045 untuk memperkuat kepemimpinan Indonesia di panggung dunia dengan memformulasikan solusi isu strategis termasuk ekonomi hijau berkelanjutan. Acara ini akan dihadiri oleh lebih dari 8.000 peserta dari lebih dari 50 negara.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan membuka forum ISF 2024. Beberapa tokoh yang akan menjadi pembicara utama dalam ISF 2024, antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Keamanan Nasional Singapura Teo Chee Hean, Wakil Perdana Menteri Malaysia Fadillah Yusof, Utusan Khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk Kelautan Peter Thomson, Penasihat Khusus Aksi Iklim dari Kementerian Luar Negeri Perancis Kevin Magron, dan CEO of Bezos Earth Fund Andrew Steers.

Forum ISF menjadi harapan besar dapat merumuskan solusi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh negara-negara berkembang dan negara maju bisa memberikan pendampingan dalam mengatasi berbagai permasalahan yang akan dihadapi di masa depan.

Sinar Mas di ISF 2024

Ibu Jesslyne Widjaja, Executive Director Golden Agri Resources akan menjadi pembicara dalam Plenary Session bertajuk “Driving the Future of Emission-Free Transport”. Sesi ini akan membahas langkah-langkah strategis yang diperlukan untuk mendorong transformasi sektor transportasi menuju masa depan tanpa emisi.

Agenda ini akan berlangsung pada Kamis, 5 September 2024 pukul 12:55 – 13:45 WIB di Jakarta Convention Center (JCC).

Sinar Mas juga akan hadir dalam dua sesi diskusi tematik yang berfokus pada transisi ke energi terbarukan dan dekarbonisasi dalam industri Indonesia.

Pada diskusi sesi pertama, Sinar Mas akan membahas “Decarbonizing Indonesian Industry – Lessons Learned from Implementing Net Zero Plansdengan narasumber Ibu Elim Sritaba, Chief Sustainability Officer APP Group, Ibu Anita Neville, Chief Sustainability and Communications Officer Golden Agri Resources, dan Muhammad Reza Abdulmajid, Chief Risk & Sustainability Officer Sinar Mas Land. Sesi ini akan membahas tantangan yang dihadapi oleh industri Indonesia dalam mengurangi emisi karbon dan menguraikan langkah-langkah praktis untuk beralih ke energi terbarukan dan bahan bakar berkelanjutan.

Diskusi akan mencakup strategi kolaboratif dan pendekatan lintas sektor yang diperlukan untuk mencapai target dekarbonisasi yang ambisius. Mereka akan membahas tantangan dan strategi yang terlibat dalam mengurangi emisi karbon dan berbagi pelajaran berharga dari pengalaman mereka dalam menerapkan rencana nol karbon.

Agenda ini akan berlangsung pada Jumat, 6 September 2024 berlokasi di Jakarta Convention Center (JCC) Merak 2.

Pada sesi kedua, Lily Surya, Managing Director SMDV akan menjadi moderator dalam diskusi bertajuk “Enabling the Low Carbon Transition: The Role of Policy, Finance, and Technology”. Diskusi ini akan membahas tentang kebijakan, keuangan, dan teknologi dapat memfasilitasi transisi Indonesia menuju ekonomi rendah karbon.

Agenda ini akan berlangsung pada Jumat, 6 September 2024 pukul 10:40 – 11:35 WIB di Jakarta Convention Center (JCC) Merak 2.

Bagi Anda yang berhalangan hadir dan tidak dapat mengikuti secara langsung di lokasi, dapat menyaksikan agenda-agenda tersebut melalui Live Streaming di kanal YouTube dari Kemenko Marves.