Breaking

OSN: Siswa Sekolah Eka Tjipta Beraksi di Jakarta

Breaking News / Lensa ETF / Slider / Top News / September 13, 2024

Bila keindahan pakaian adat turut dikompetisikan dalam OSN, para siswa Sekolah Eka Tjipta yang datang dari Kalimantan ini berpeluang besar jadi pemenang.

 

Sebanyak enam orang siswa Sekolah Eka Tjipta yang berhasil lolos mewakili daerah asalnya guna berkompetisi dalam ajang Olimpiade Sains Nasional bagi para peserta didik sekolah dasar serta sekolah menengah telah bergabung bersama rekan-rekan mereka dari seluruh penjuru Nusantara di Hotel Red Top, Jakarta, sedari Senin (5/8) hingga kegiatan yang ditaja setiap tahun oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi ini berakhir pada Senin (11/8) pekan berikutnya.  Mereka adalah Husen Ali, siswa SD Eka Tjipta Kencana, Kalimantan Barat, sementara dari Kalimantan Tengah, ada Attaya Sinathrya Fahrezza, dari SMP Eka Tjipta Perdana, Niken Dwi Anjani, dari SMP Eka Tjipta Semilar, Akita Naila Prameswari, siswa SD Eka Tjipta Semangat, Rachel Elvita Zangi, yang datang dari SD Eka Tjipta Bukit Tiga, beserta rekannya Andira, dari SMP Tunas Lestari Sejahtera Sungai Kedang, Kalimantan Timur.

 

Dari Kalimantan, menguji diri di Jakarta.

 

Selama di Jakarta, mereka menjadi bagian dari 230 siswa SD dan 345 siswa SMP dari seluruh Indonesia termasuk beberapa sekolah Indonesia yang berada di luar negeri yang saling mengadu talenta dalam bidang sains. Sebanyak enam orang guru turut hadir selaku pendamping sepanjang perhelatan. Pelajaran pertama yang dipetik adalah, kompetisi tak hanya mengasah daya juang dan meningkatkan prestasi, namun juga memperkaya pengalaman berikut pertemanan. Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemdikbudristek Maria Veronica Irene Herdjiono dalam sambutannya menganalogikan semua peserta sebagai pemenang. “Kalian tiba di sini sebagai juara, yang terseleksi secara bertahap hingga ke tingkat nasional, dari lebih 228.000 siswa yang mengikuti O2SN,” ujarnya.

 

Niken Dwi Anjani, siswa SMP Eka Tjipta Semilar, Kalimantan Tegah, memperkenalkan dirinya kepada yang hadir di Sinar Mas Land Plaza, Jakarta, termasuk Ketua Umum ETF, Hong Tjhin (paling kanan).

 

Para guru menceritakan bila respon para siswanya selain gembira, juga mengharukan seperti Niken yang akan berkompetisi pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam, disebut sempat menangis saat mengetahui jika dirinya akan berangkat ke Jakarta. Sementara Akita yang juga tampil di mata pelajaran serupa, menurut guru pendampingnya menunjukkan antusiasme tinggi karena akan berlaga di Jakarta yang belum pernah dikunjunginya, jauh dari perkebunan sawit daerah asalnya. Attaya Sinathrya bahkan disebut segera menghubungi keluarganya baik di lingkungan tempat tinggal, maupun yang berada di Pulau Jawa, mengabarkan dirinya akan berangkat ke Jakarta, berkompetisi di bidang ilmu pengetahuan sosial. “Sangat excited, dan kini menjadi idola baru di sekolahnya,” ujar guru pendampingnya.

 

Rekreasi dengan sederhana: menjajal MRT yang sebelumnya baru sebatas mereka saksikan.

 

Di sela ketatnya jadwal, dan tajamnya kompetisi, baik siswa maupun para guru menyempatkan diri memenuhi undangan Eka Tjipta Foundation (ETF) hari Kamis (8/8) di Sinar Mas Land Plaza, Jakarta. Saat itu, bergabung menyambut, Ketua Umum ETF, Hong Tjhin yang didampingi oleh Fransciscus Constan, MD Operations 2 sekaligus  CEO Perkebunan Sinar Mas 6, 6A dan 7, dari mana para siswa dan guru berasal. Senada, selain mengapresiasi berikut menyemangati para tamunya, keduanya menegaskan kembali komitmen ETF bersama Sinar Mas Agribusiness & Food dalam mendukung pengembangan potensi siswa, baik di ranah akademik maupun nonakademik.

 

Ada saat berkompetisi, tiba momentum berekreasi.

 

Sekolah Eka Tjipta adalah sebagian dari peran ETF, yayasan yang didirikan keluarga Eka Tjipta Widjaja guna melaksanakan sekaligus mengkoordinasikan inisiatif tanggung jawab sosial perusahaan di dalam naungan Sinar Mas. Di setiap sentra perkebunan yang dikelola Sinar Mas Agribusiness & Food, sekolah ini hadir menyediakan pendidikan dasar dan menengah pertama secara gratis bagi anak-anak karyawan dan masyarakat sekitar. Mendapatkan penguatan serta peningkatan standar secara berkala, saat ini terdapat sekolah yang tersebar di Sumatera dan Kalimantan.

Pelajaran lain bagi delegasi Sekolah Eka Tjipta adalah, selain belajar, berlatih, berkompetisi dan berbicang serius, jangan lupakan berekreasi. Walhasil para siswa beserta guru pendamping menyempatkan mengisi waktu dengan berkeliling dengan MRT melintasi kota yang sejak Mei silam berstatus Daerah Khusus Jakarta. Termasuk mengunjungi berikut mengabadikan kehadiran mereka pada tengara atau landmark Bundaran Hotel Indonesia yang selama ini menurut pengakuan siswa, hanya sempat mereka simak dari gambar dan video. Setelah sepekan, dari ajang Olimpiade Sains Nasional, Husen Ali, Akita Naila Prameswari dan Rachel Elvita Zangi mendapatkan penghargaan Honorable Mention. Medali memang belum tergenggam, namun seperti dikatakan Maria Veronica semua peserta adalah pemenang. Mereka yang datang dari Sekolah Kebun mendapatkan pengalaman akademis, pengalaman wisata, teman dan juga suasana baru yang menjadi bekal petualangan pendidikan mereka selanjutnya.

 

Penulis: Waliadi, Jaka Anindita

Foto: dokumentasi ETF, dokumentasi President Office Sinar Mas






Jaka Anindita




Previous Post

Sinar Mas Menuju Dekarbonisasi





27 Comments

on September 13, 2024

Bagian dari perjalanan panjang siswa/i Eka Tjipta dalam menerima dan mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang di berikan oleh guru-guru dan tenaga pendidikan yang hebat. Sukses selalu Sekolah Eka Tjipta dan terimakasih banyak atas dukungan yang besar kepada Sinar Mas Agri

on September 13, 2024

Berawal dari mimpi untuk mengukur prestasi. Walaupun jauh di tengah perkenunan kelapa sawit tidak menghalangi anak anak untuk berprestasi. Terima kasih ETF,terima kasih Managemen Sinar Mas, Maju Sekolah Eka Tjipta

on September 13, 2024

Terima Kasih telah membawa nama baik Eka Tjipta Foundation Bapak/Ibu Guru Hebat dan para Siswa(i) Bertalenta. Ini akan menjadi inspirasi dan semangat baru bagi kita untuk terus berusaha memberikan yang terbaik dari diri kita para guru untuk menuntun anak didik kita dalam menggali potensi yang dimilikinya. Semangat!

on September 13, 2024

Di balik kesuksesan seseorang tentu terdapat persiapan, doa, dan usaha yang luar biasa. Dan di balik kesuksesan seseorang terdapat pula sosok-sosok yang hebat tentunya… Maju terus Sekolah Eka Tjipta!!!

on September 13, 2024

Di balik kesuksesan seseorang tentu terdapat persiapan, doa, dan usaha yang luar biasa. Dan di balik kesuksesan seseorang terdapat pula sosok-sosok yang hebat tentunya… Maju terus Sekolah Eka Tjipta.

on September 13, 2024

Sangat luar biasa bagi anak- anak sekolah Eka Tjipta
Yang sangat jauh dari perkotaan
Tapi bisa bersaing dengan ank2 perkotaan
Saya cukup bangga menjadi seorang guru di sekolah Eka Tjipta
Mengajar dan menerapkan pengalaman yang ada pada diri saya
Kepada anak-anak sehingga mereka dapat menjadi orang yang terdidik.

on September 13, 2024

Terimakasih siswa siswi hebat, bapak ibu guru luar biasa. Semangat maju terus sekolah Eka Tjipta

on September 13, 2024

Tersenyum itu yang terlihat dari Bapak/Ibu guru dan anak-anak hebat dari Kalimantan.
Dari Perkebunan Sawit, bersaing di kota dengan sengit.
Dari Sekolah Eka Tjipta, menjadi Intan Permata.
Sukses terus untuk kita.
Semangat…

on September 13, 2024

Sukses selalu sekolah Eka Tjipta👏👏
Berkolaborasi untuk meraih prestasi

on September 13, 2024

Sungguh luar biasa bapak/ibu guru dan siswa-siswa hebat yang sudah mengharumkan nama sekolah Eka Tjipta..
Semangat terus untuk mengukir prestasi selanjutnya💪
Salam sukses untuk kita semua🙏

on September 13, 2024

Go Sekolah Eka Tjipta!!!
Semua bisa diusahakan dan di gapai….

on September 13, 2024

Congratulation untuk Bapak- Ibu Guru Hebat, bisa mengantarkan anak-anak sampai ke tingkat Nasional. Dan terimakasih untuk anak-anak sudah berjuang sampai sejauh ini. Kalian Luar Biasa. I’m proud of you.

on September 13, 2024

Kebanggaan tersendiri dengan adanya kesempatan mengukir pada diri anak-anak Sekolah Eka Tjipta dan ditujukan dalam. Prestasi yang gemilang tetap berkibar dan menyala di tahun berikutnya 👍🙏

on September 13, 2024

Semangat sekolah Eka Tjipta memang luar biasa dari pulau kalimantan .Dibalik semua itu ada perjuangan yang luar biasa.,tangguh.pantang menyerah tiada banding fan tiada tanding .Semangat sekolah Eka Tjipta semoga selalu jaya

on September 13, 2024

luar biasa, selamat dan tetap semangat buat bapak ibu guru hebat. meskipun lokasi sekolah di pedalaman jauh dari kota tapi mampu bersaing dan menghasilkan kualitas peserta didik tidak kalah dengan yang di kota. semoga di tahun-tahun berikutnya tetap terus menghasilkan siswa/i yg lebih banyak lagi dalam mengikuti perlombaan di tingkat nasional.

on September 13, 2024

Selamat untuk Bapak/Ibu Guru dan siswa/siswi hebat.

    on September 17, 2024

    Selamat kepada anak2, Pembina,koordinator sekolah serta dukungan pihak2 terkait yang telah berkontribusi memajukan sekolah diperkebunan sawit, Alhamdulillah anak anak kita bisa maju ke tingkat Nasional tentu jadi pencapaian yang luar biasa,, keren…Salut…luar biasa..

on September 13, 2024

Salah satu pencapaian yang sangat luar biasa, Dimana Sekolah yang di bawah Naungan Eka Tjipta Foundation memiliki Kwalitas yang tidak kalah dengan sekolah2 di kota besar.

Terimakasih juga untuk Yayasan yang selalu memberikan Pelatihan dalam rangka Peningkatan Kompetensi Guru dalam membimbing siswa dan siswi.

on September 13, 2024

Semoga ke depannya semakin banyak siswa-i ETF yang dapat mengukir prestasi dengan segala bentuk keterbatasan. Terimakasih anak² telah berjuang sampai di titik di mana kalian mendapatkan pengalaman yang sangat berharga. Tetap semangat bapak/ibu guru untuk mengantarkan siswa-i nya mengasah prestasi yang tersembunyi dalam diri mereka.
Terimakasih tim ETF yang telah mengundang dan meluangkan waktunya untuk menemani kami melihat² sudut kota metropolitan.. 🙏🙏

on September 13, 2024

Semoga terus bisa memberikan kontribusi positif bagi pendidikan di Indonesia. Jangan pernah berhenti mencoba dan mencoba untuk menggapai cita-cita.

on September 14, 2024

Congratulations! proud to be part of eka tjipta foundation.

on September 17, 2024

Selamat untuk siswa/siswi dan bapak/ibu guru yang hebat.

on September 17, 2024

Siswa dan siswi dari pedalaman Kalimantan pun bisa menembus prestasi ke ibu kota bila di bimbing dengan baik sukses selalu untuk siswa dan siswi sekolah Eka tjipta

on September 17, 2024

Selamat kepada anak2, Pembina,koordinator sekolah serta dukungan pihak2 terkait yang telah berkontribusi memajukan sekolah diperkebunan sawit, Alhamdulillah anak anak kita bisa maju ke tingkat Nasional tentu jadi pencapaian yang luar biasa,, keren…Salut…luar biasa..

on September 17, 2024

Selamat kepada anak yang sudah mengharumkan nama sekolah masing maising dibawah naungan Eka Tjipta Foundation. semoga menjadi motivasi bagi anak anak yang lain. Selamat juga kepada guru pendamping yang luar biasa dan menjadi motivasi saya kedepannya

on September 17, 2024

Selamat dan sukses selalu untuk anak-anak hebat dan bapak/ibu guru hebat pendamping dari Sekolah Eka Tjipta Foundation. Salam sehat, semangat, dan Bahagia selalu.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


More Story

Sinar Mas Menuju Dekarbonisasi

Sektor industri perkebunan dan kehutanan optimistis mampu berkontribusi dalam upaya dekarbonisasi dengan kerja bersama lintas...

September 10, 2024