Breaking

Hari Jadi Sinar Mas, Sekaligus Menjadi Pestanya UMKM

Breaking News / Lensa ETF / Slider / Top News / October 8, 2024

Perayaan hari jadi Sinar Mas juga menjadi pesta bagi para mitra usaha kecil. Sebagaimana telah berlangsung sepanjang enam tahun terakhir, perhelatan Tjipta UMKM Fair selalu hadir jelang hingga saat peringatan ulang tahun ke-86 Sinar Mas. “Eksebisi hari ini menjadi pendahuluan sebelum dipuncaki dengan penyerahan penghargaan bagi para mitra UMKM berkinerja serta para pembinanya dari pilar bisnis Sinar Mas saat perayaan ulang tahun Sinar Mas. Pendampingan yang kami lakukan menyediakan insentif semacam ini agar para pihak, baik pelaku usaha kecil dan perusahaan yang menggandeng mereka secara berkesinambungan selalu memacu inovasi, kreativitas serta kualitas kerjanya,” kata Managing Director Sinar Mas, Ferry Salman.

 

Tjipta UMKM Fair dengan pengguntingan pita bersama oleh (dari kiri) Senior Executive President Office Sinar Mas, Sanny Iskandar, Direktur Utama Bank Sinarmas, Frenky Tirtowijoyo, Director APP Group, Stanley Najoan, Managing Director APP Group, Suhendra Wiriadinata, Sinar Mas Board Member, Franky O. Widjaja, Direktur Utama PT Smartfren Telecom, Merza Fachys, Managing Director Sinar Mas, Ferry Salman, Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin, bersama Direktur Utama PT SMART Tbk., Irwan Tirtariyadi, Rabu (2/10/2024) di Sinar Mas Land Plaza, Jakarta.

 

Pameran yang ditaja Eka Tjipta Foundation (ETF) ini, berlangsung dua hari, Rabu hingga Kamis (2-3/10/2024) di sepanjang lorong luar Menara 2, Sinar Mas Land Plaza, Jakarta, menawarkan lebih dari 300 ragam produk kuliner, bahan pangan, busana hingga kriya dari para pelaku usaha yang mendapatkan pendampingan dari APP Group, Sinar Mas Agribusiness and Food, Asuransi Sinar Mas, Bank Sinar Mas, Sinar Mas Land, Sinar Mas Communication & Technology, Sinar Mas Energy and Infrastructure, Tzu Chi Sinar Mas dan juga GWS Medika, kepada para pengunjung. Seperti diungkapkan Ferry, selepas eksebisi, baik para pelaku usaha maupun dan juga pendampingnya yang menunjukkan kinerja mumpuni akan mendapatkan anugerah Tjipta UMKM Awards.

 

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo sempat bergabung mengunjungi pameran. Kehadiran Sis Wamen sekaligus menjadi hiburan tambahan bagi para peserta dan pengunjung. Tampak dirinya didampingi oleh Ketua Harian ETF, Agustina Tutik (tengah).

 

Tidak mudah beraktivitas di bawah guyuran terik sinar matahari, tapi cerahnya cuaca memungkinkan semua yang tengah berpameran mendapatkan dokumentasi foto yang indah bersama para pimpinan lintas pilar usaha, President Office, ETF serta Board Member Sinar Mas, yang siang itu menyusuri seluruh anjungan. Bahkan kehadiran Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo, juga menjadi hiburan, penarik perhatian tersendiri bagi para peserta.

 

Sinar Mas Board Member, Franky O. Widjaja, dan di sebelahnya Direktur Utama Bank Sinarmas, Frenky Tirtowijoyo (paling kanan) di anjungan Obor Desa Organik Sukajaya yang berisikan produk pertanian dan pangan ramah lingkungan.

 

Senada dengan Ferry, Sinar Mas Board Member, Franky Oesman Widjaja mengatakan pentingnya apresiasi serta kompetisi dalam pendampingan. Menurutnya, sejak inisiasi sektor industri dalam memberikan pendampingan melekat bagi UMKM di sekitarnya oleh Presiden Joko Widodo digaungkan menjadi Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas, pihaknya semakin kuat berupaya menaikkelaskan UMKM binaan. “Apa yang kita lakukan? Membuat kompetisi, supaya mereka dapat saling berlomba meningkatkan kualitas. Jika kualitas produk mereka bagus, kemasannya juga harus bagus, begitu juga pemasarannya. Bila itu dapat tercapai, omset mereka akan naik, sejauh mereka melakukannya dengan berdisiplin,” ujarnya.

 

Direktur Eksekutif ETF, Hong Tjhin (kiri) menyerahkan award kategori Outstanding UMKM bagi Coklat Kulanta, binaan PT Berau Coal.

 

Dirinya juga mengapresiasi inisiatif digital UMKM yang bergerak dalam pengumpulan ulang sampah kertas oleh Bank Sampah Digital binaan APP Group. “Masyarakat yang berkontribusi mengumpulkan kertas bekas, memiliki buku tabungan elektronik, dan mendapatkan pembayaran ke rekening tersebut. Ini dahsyat karena digerakkan UMKM,” tambahnya. Sementara Angela mengatakan pembinaan yang dilakukan Sinar Mas menjangkau masyarakat sekitar sebagai sesuatu yang sangat bermanfaat. “Membantu mereka semakin berdaya saing sehingga dapat mandiri secara ekonomi.”

 

Managing Director APP Group, Suhendra Wiriadinata diiringi Nohara Band di siang yang terik justru semakin memanaskan suasana dengan unjuk vokalnya.

 

Di antara terik, unjuk kemampuan Nohara Band dari Sinar Mas Land dan APP Symphony pada hari berikutnya, yang didampingi anggota SM Squad, komunitas para duta dari lintas pilar usaha guna penyebarluasan hal baik tentang Sinar Mas, diharapkan dapat menjadi penyejuk. Namun yang terjadi justru suasana semakin panas karena aksi open mic bagi pengunjung mendaulat pula para direksi ke panggung, turut bernyanyi, diselingi gelaran kuis berikut pembagian hadiah.

 

 

Sinar Mas Board Member, Franky O. Widjaja bersama Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin (kedua dari kiri) di antara produk pangan serta kuliner buatan UMKM binaan PT Berau Coal.

 

Siang itu, Department Head Promotion & CSR Asuransi Sinar Mas, Willyn Linardo mengatakan jika buah karya UMKM Humbang Kriya dengan ragam busana bercorak tradisional berbahan alami , kembali hadir bersama produk lansiran Koperasi Humbang Hasundutan Makmur yang membawa serta aneka produk pangan dan kuliner. Mendampingi UMKM sepanjang delapan tahun terakhir, dirinya berharap dari pameran seperti itu, lini produk para pengusaha dan pengrajin setempat yang berbasis di Kabupaten Humbang Hasundutan ini dapat semakin dikenal khalayak. “Sehingga kami dapat meng-empower lebih banyak kalangan, dari daerah lain juga,” ujarnya.

 

Sebelum tiba ke Tjipta UMKM Fair, pemanasan telah berlangsung ketika Sinar Mas Digital Day dihelat di ICE, BSD City (27-28/9/2024), seperti tampak pada aktivitas berbelanja pengunjung di anjungan UMKM binaan APP Group.

 

Rekannya, Section Head CSR for Economic Empowerment dari Sinar Mas Land, Megawati yang bertanggung jawab atas aktivitas Sinar Mas Land UMKM Center menyebutkan mereka hadir menggandeng UMKM yang telah melalui masa kurasi setidaknya delapan bulan, sehingga memang telah layak tampil. “Kami juga memiliki kelas bagi kalangan disabilitas yang memberikan pendampingan dalam membuat produk kerajinan,” kata Mega menyampaikan inovasi yang berbeda dengan pilar usaha lain. Menyatakan terbantu gelaran dua hari ini karena berkesempatan melihat langsung terobosan rekan-rekannya dari berbagai perusahaan, tak lupa ia menyarankan. “Ini wadah yang positif untuk memacu semangat semua pilar usaha dalam pembinaan UMKM. Harapannya ke depan, tempat yang disediakan bisa lebih besar, karena setiap tahun peserta dan produknya semakin banyak.”

 

Para pelaku usaha dan pembinanya yang meraih Tjipta UMKM Award seusai penyerahan dari para pimpinan piliar bisnis, ETF serta board member saat perayaan hari jadi Sinar Mas di Grand Hyatt, Jakarta (4/10/2024).

 

Kesemarakan dan kegembiraan mitra UMKM masih berlanjut. Seperti disampaikan Ferry, para wirausahawan dan perusahaan pendampingnya, menerima Tjipta UMKM Award saat perayaan hari jadi Sinar Mas ke 86, Jumat malam (4/10/2024) di Grand Hyatt, Jakarta. Mereka berbagi panggung dengan wakil dari sejumlah Paguyuban Sinar Mas yang juga menerima penghargaan, Liga Paguyuban. Tak kurang dari sembilan kategori penghargaan diperebutkan lewat proses berliku selama empat bulan terakhir, mulai dari pengiriman proposal, penyaringan melalui penjurian, hingga penetapan pemenang.

 

Sebagian aksi direksi dan pimpinan lintas pilar usaha Sinar Mas saat memperagakan bagaimana busana karya Humbang Kriya binaan Asuransi Sinar Mas, Batik Mosho binaan PT Berau Coal, DZI Collection dampingan Smartfren Telecom, juga Kaputren Batik dan Tenun Siak binaan APP Group dapat menemani keseharian, sembari mengangkat kearifan setempat.

 

Ada banyak harapan dari kegiatan dua hari itu. Ketika membukanya, Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin mengharapkan raihan penjualan tahun ini dapat melebihi tahun sebelumnya yang mencapai lebih dari Rp450 juta. Kemudian di sela pengantar saat puncak acara di Grand Hyatt, Ferry sempat menyampaikan ulang lontaran Board Member, yakni akan semakin baik bila perayaan mendatang dapat berlangsung di tempat yang lebih leluasa, ICE BSD City. Apakah ini menjadi jawaban atas harapan Mega, para insan Sinar Mas lainnya dan UMKM binaan akan pameran pada lokasi yang lebih luas dan besar? Kita nantikan pada Tjipta UMKM Fair berikutnya.

 

Penulis: Jaka Anindita, Rafi Ardiansyah

Foto: Noveradika, dokumentasi Sinar Mas Land

 






Jaka Anindita




Previous Post

OSN: Siswa Sekolah Eka Tjipta Beraksi di Jakarta





6 Comments

on October 8, 2024

Semakin maju UMKM Sinar Mas…

on October 8, 2024

selalu bangga menggunakan produk lokal dan sukses selalu untuk seluruh UMKM binaan Sinar Mas.

on October 9, 2024

kompetisi dalam segala hal selama 86 tahun menjadikan UKM lokal menuju perusahaan global dengan 7 pilar usahanya, dirgahayu Sinar Mas dan sukses selalu

on October 10, 2024

Dirgahayu Sinar Mas, semakin jaya terus dari tahun ke tahun.

untuk para UMKM semoga semakin naik kelas dari sisi pemasaran, brand, sampai penjualannya, sukses terus, dan jadi produk yang dikenal di luar negeri.

on October 10, 2024

PETJAHHHH banget acaranya, ada games, UMKM, Jamming Session. Seseruu ituuu. Sukses untuk Sinarmas semua Pilar🔥

on October 14, 2024

UMKM semakin menyalaaa…



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


More Story

OSN: Siswa Sekolah Eka Tjipta Beraksi di Jakarta

  Sebanyak enam orang siswa Sekolah Eka Tjipta yang berhasil lolos mewakili daerah asalnya guna berkompetisi...

September 13, 2024