Breaking

Swakarya Logo Ulang Tahun Sinar Mas

Breaking News / Inspirasi / Slider / September 21, 2020

Berbeda dengan banyak kelompok usaha atau perusahaan yang rajin, sekaligus rutin menampilkan kepada publik tema peringatan hari jadi mereka, beserta logo khusus peringatan, Sinar Mas yang usianya lebih dari delapan dasawarsa justru belum lama memulai tradisi serupa itu. Baru di tahun 2016 hadir logo peringatan hari ulang tahun yang jatuh setiap 3 Oktober.

Kalau perusahaan lain banyak menugaskan agensi maupun desainer dari luar, Sinar Mas justru memilih karya desainer internal mereka yang bernaung di Creative & Production Department, President Office. Termasuk pula dalam penetapan tema utama perayaan hari jadi, yang berganti saban tahun.

… perusahaan lain banyak menugaskan agensi maupun desainer dari luar, Sinar Mas justru memilih karya desainer internal mereka …

Waktu bergerak, ide baru berdatangan. Bukan tak mungkin di tahun mendatang, baik logo perayaan hari ulang tahun maupun tema utamanya akan menempuh jalan yang sama seperti pilihan perusahaan lain: digarap lewat alih daya.

Bukan tidak mungkin pula – dan mestinya menarik –  menggunakan karya para karyawan, yang dipilih melalui jalur sayembara. Atau, tetap mengandalkan kreativitas para desainer di President Office. Dengan keyakinan bahwa tidak ada yang memahami lebih dalam tentang Sinar Mas dari pada karyawannya sendiri.

Perjalanan Sang Logo

Kemunculan pertama berlangsung tahun 2016, saat logo peringatan ulang tahun memadupadankan tarikan garis lurus pada angka tujuh dengan lekuk yang ada pada angka delapan.

 

 

Nuansa serupa masih berlangsung setahun berikutnya saat Sinar Mas merayakan ulang tahunnya yang ke-79, di mana garis lurus angka tujuh yang berdiri tegak, menerabas bulatan pada angka 9.

Memasuki hari ulang tahun ke-80, hadir hal baru. Angka 80 tampil jelas dan lebih tebal dibandingkan penulisan angka di tahun sebelumnya. Di latar belakang angka terbentang Sang Saka Merah Putih, dan tema utama perayaan terpampang pula di sana. Dua hal yang menjadi tradisi hingga kini.

 

 

Jika di tahun 2018, Delapan Dekade Tumbuh Bersama menjadi tema utama atau tagline terpilih, pada tahun berikutnya Sinar Mas menggunakan tagline Berbakti Membangun Negeri, seperti terbaca di sisi kanan angka  delapan dan dua berlatar bendera merah putih.

Tahun ini, sang merah putih kembali tampil di latar belakang logo angka 82, sementara ‘Innovation for Life’ menjadi tema utamanya, di mana letaknya berpindah ke sisi bawah angka delapa dan dua. Pandemi Covid-19 membuat praktik bisnis mesti lebih luwes beradaptasi. Inovasi tanpa henti jadi salah satu obatnya.

Penulis: Jaka Anindita

Riset dan desain grafis: Sidhi Pintaka, Dede Ilham Fitriana




Jaka Anindita
Jaka Anindita
Pemimpin Redaksi





You might also like



0 Comment


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *